Concord and agreement adalah salah satu konsep yang penting dalam bahasa Inggris. Concord mengacu pada kecocokan antara kata benda dengan kata kerja, sedangkan agreement mengacu pada kecocokan antara subjek dan kata kerja. Keduanya penting karena dapat mempengaruhi makna dari sebuah kalimat.

Concord menunjukkan hubungan antara kata benda dan kata kerja. Kata kerja harus selalu cocok dengan kata benda yang muncul sebelumnya. Jika kata benda itu tunggal, maka kata kerja harus tunggal juga. Jika kata benda itu jamak, maka kata kerja harus jamak juga. Contohnya, “The cat sleeps” dan “The cats sleep” adalah kalimat yang benar karena kata kerja telah disesuaikan dengan kata benda yang muncul di depannya.

Agreement, di sisi lain, adalah kesesuaian antara subjek dan kata kerja dalam sebuah kalimat. Subjek harus selalu cocok dengan kata kerja yang digunakan. Jika subjek tunggal, maka kata kerja juga harus tunggal. Jika subjek jamak, maka kata kerja harus jamak juga. Contohnya, “My father is a doctor” dan “My parents are doctors” adalah kalimat yang benar karena kata kerja telah disesuaikan dengan subjek yang muncul.

Namun, ada beberapa situasi di mana concord dan agreement dapat menjadi lebih rumit. Misalnya, ada beberapa kata benda yang memiliki bentuk tunggal dan jamak yang sama, seperti “sheep” dan “deer”. Jadi, jika kata benda ini muncul dalam sebuah kalimat, penulis harus memperhatikan konteks agar dapat menentukan apakah itu tunggal atau jamak. Contohnya, “The sheep is hungry” dan “The sheep are hungry” adalah kalimat yang benar tergantung pada konteks yang digunakan.

Ada juga beberapa kasus di mana subjek dan predikat terpisah oleh frasa atau klausa. Dalam situasi seperti itu, penulis harus memastikan bahwa kesesuaian antara subjek dan predikat tetap dipertahankan. Misalnya, “The boy, along with his friends, likes to play soccer” dan “The boys, along with their friends, like to play soccer” adalah kalimat yang benar karena kata kerja telah disesuaikan dengan subjek yang muncul.

Kesimpulannya, concord dan agreement sangat penting dalam bahasa Inggris untuk memastikan kalimat yang dibuat memiliki makna yang jelas dan terstruktur dengan baik. Penulis harus memperhatikan konteks dan kesesuaian antara kata benda dan kata kerja, serta subjek dan kata kerja. Dalam mengedit teks, seorang copy editor yang berpengalaman dalam SEO harus memastikan bahwa kesesuaian ini terjaga dengan baik, sehingga teks yang dihasilkan menjadi lebih akurat dan mudah dipahami oleh pembaca.